TIPS MUDAH MENGATASI MOBIL MOGOK

Mobil mogok -  Bila terjadi kepada anda mungkin sudah saatnya anda mendengar suara hati mobil anda. Pengendara mobil dengan tingkat operasi yang tinggi dan minimnya perawatan tentunya tidak akan jauh yang namanya mobil mogok di jalan.


Pemahaman mengenai teknik otomotif dan lokasi terjadinya musibah turut menentukan sikap pengemudi dalam menghadapi situasi seperti ini. Jika si pengemudi mengenal karakter mobil nya dan memiliki bekal yang cukup dalam memperbaiki mobil, maka ia cenderung lebih tenang dalam mengatasinya, lain halnya dengan pengemudi yang hanya mengerti siap pakai saja.
Untuk mengantisipasi kepanikan, berikut cara mengatasi mobil mogok yang dapat dilakukan :

  1. Jika terjadi mogok, usahakan pertama kali untuk memarkirkan mobil anda di pinggir jalan agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas
  2. Berikutnya yang dapat dilakukan ketika menghadapi mobil mogok adalah dengan memperhatikan keluhan si mobil melalui lampu indikator yang terletak pada panel instrumen. melalui indikator ini anda bisa mendapatkan petunjuk mengenai permasalahan yang dihadapi.
  3. Apabila temperatur mesin sedang tinggi atau mengalami overheat, jangan langsung membuka penutup radiator, karena air panas akan langsung menyembur keluar. Tunggulah sekitar 20 - 30 menit hingga suhu turun, baru kemudian buka perlahan. Periksa apakah air radiator masih berada pada batas normal, jika berkurang tambahkan air dan coba hidupkan mesin
  4. Apabila timbul gelembung  - gelembung udara di air radiator, itu pertanda cylinder head mobil sudah melengkung akibat panas dan harus turun mesin (harus di derek).
  5. Jika temperatur normal mesin tidak mengalami overheat, maka lanjutkan dengan memeriksa penyuplai daya. Komponen ini terdiri atas aki dan konverter tegangan tinggi dari koil. Mesin akan sulit hidup jika terdapat masalah pada aki dan koil, Indikasinya yaitu saat distarrter maka dinamo starter tidak cukup kuat untuk berputar dan menghidupkan mesin.
  6. Umumnya koil jarang bermasalah (kalaupun ada hanya terletak pada bagian kabel yang tidak tersambung atau putus). Sedangkan pada aki masalah sering muncul kurang setrum/tekor. Solusinya aki dilepas dan dicharge ( anda masih bisa menghidupkan mesin dengan start dorong dengan cara melakukan jump start dengan bantuan kabel jumper ke aki mobil lain).
  7. Bila Komponen aki dan koil tidak rusak, maka langkah selanjutnya memeriksa komponen pengapian . Komponen ini terdiri atas distributor, platina atau CDI dan busi. Untuk memeriksa secara keseluruhan apakah pengapian berfungsi, dengan mencabut salah satu kabel busi, kemudian tempelkan ke body mesin lalu coba hidupkan mesin, apabila percikan api muncul artinya pengapian berada dalam kondisi baik. Jika tidak, maka anda dapat memeriksa dan membersihkan semua busi.
  8. Dalam menghadapi mobil mogok, jangan lupa untuk mengecek bagian sekring mobil. Periksa semua sekring pada box baik yang di bawah kap mesin dan di bawah kemudi. Pastikan semua sekring untuk EFI dan Ignition masih berfungsi dengan baik. Kalau putus, hanya perlu diganti dan biasanya masalah sudah teratasi.
  9. Bagi mobil bensin yang menggunakan karburator, kemungkinan karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Bila terjadi mesin tidak akan hidup, buka saringan karburator jika banjir biarkan terbuka beberapa saat dan hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas atau menginjak pedal dalam dalam. Begitu mesin nyala, lepaskan injakan gas. Bila suplai bahan bakar kurang bisa jadi karena karburator kotoran dan cukup dibersihkan.
  10. Jika mesin mobil sudah menggunakan sistem injeksi , maka lakukan pemeriksaan dengan menggunakan kunci 17, kendorkan tempat injector bensin di dekat tali gas. Hidupkan mesin, jika bensin menyemprot dengan keras berarti pompa bensin, filter bensin dan fuel pressure berada dalam kondisi baik. Jika tidak menyemprot, kemungkinan pompa bensin bermasalah maka sekring EFI yang berada di box sekring juga putus.
  11. Langkah terakhir adalah dengan memeriksa switcher starter. kerusakan terjadi pada kabel renggang, logam kontraktor plus minus untuk untuk menyambungkan arus sudah aus sehingga tidak tersambung. Jika terjadi  di tengah perjalanan maka cukup menyambung kabel plus dan minus starter. Cukup gunakan peniti atau kawat kecil.

Jika seluruh langkah diatas masih belum dapat membantu membuat mobil anda berjalan kembali, maka saatnya anda menghubungi jasa derek.

Belum ada Komentar untuk "TIPS MUDAH MENGATASI MOBIL MOGOK"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel