Pengertian Manajemen Industri, Tingkat manajemen dan Perkembangannya

Artikel ilmumesin.com kali ini adalah Pengertian Manajemen Industri, Tingkat manajemen dan Perkembangannya. Silahkan simak baik-baik ya kawan biar makin menambah wawasan kita tentang manajemen.
Industrialisasi adalah upaya sistemik menggerakan pembangunan ekonomi negara dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang tersusun atas faktor-faktor seperti sejarah, seni dan desain, ekonomi pemasaran, teknologi geografi dan dampak sosial. Dalam realitanya, industrialisasi diwujudkan dalam pengertian seperti skala (kecil-besar), hulu-hilir terpadu, aplikasi teknologi tertentu beserta penciptaan nilai tambah yang mengandung keunggulan secara komparatif, kompetitif dan kombinasi komparatif-kompetitif yang mampu menjamin kemampuan tumbuh dan berkembang atas kekuatan sendiri untuk meningkatkan kegiatan produksi dan memperkuat sektor ekonomi lainnya.


Pengertian Manajemen Industri

Manajemen Industri adalah Kemampuan manajemen dalam pengembangan industri atas berbagai pengertiannya dengan prinsip perencanaan hingga kontrol (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling atau POAC), pemenuhan fungsi-fungsi manajerial untuk mencapai tujuan usaha, tingkatan manajemen dengan dukungan keterampilan yang diperlukan menurut sarana penggerak usaha seperti sumber daya manusia (SDM) hingga pasar (6 M : Men, Materials, Methods, Machines, Money dan Markets)

Pengertian Manajemen
Peran manajemen dalam memajukan organisasi cukup penting bila organisasi mempunyai manajer yang baik, maka organisasi akan menjadi besar, baik dalam ukuran, jumlah anggota (pegawai) maupun tingkat kemakmuran atau pendapatan para anggotanya, oleh karena itu manajemen sangat penting dipahami walaupun dari aspek yang
paling besar.

Definisi manajemen banyak sekali. Di bawah ini adalah pengertian manajemen menurut beberapa pakar manajemen :
  1. Manajemen adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Manajemen adalah proses yang membeda-bedakan atas 2 perencanaan pengorganisasian, penggerakan, pelaksanaan dan pengendalian dengan memanfaatkan ilmu dan seni agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
  3. Manajemen ada hubungannya dengan pencapai suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang lain.

Dari contoh definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen erat kaitan nya dengan usaha untuk memelihara kerjasama sekelompok orang yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan menggunakan
sumber daya yang ada.

Tingkat Manajemen

Pada sebuah organisasi atau perusahaan yang bergerak pada multi usaha. Biasanya secara vertikal dibagi menjadi tiga tingkatan manajemen, yaitu :
 
  1. Tingkat pertama adalah manajemen puncak (corporate/top management), dikenal dengan nama Chief Execcutive Officer (CEO), biasanya terdiri dari beberapa orang pimpinan. Tugas atau kewajibannya adalah membuat kebijakan-kebijakan strategis yang harus diambil untuk jangka waktu yang panjang. Sifat pekerjaannya lebih banyak pada tugas manajerial di bandingkan operational.
  2. Tingkat kedua adalah manajemen menengah (business/Midle Management), disebut juga Divisional Manager. Tugas dan kewajibannya lebih banyak dalam pembuatan perencanaan dan pelaksanaan yang taktis.
  3. Tingkat ke tiga adalah manajemen bawah (Fungsional/first line manajemen, dikenal dengan nama functional manager. Tingkat ini terdiri dari para mandor atau penyelia yang tugasnya untuk mengarahkan atau merencanakan pekerjaan operasional berdasarkan perencanaan-perencanaan yang telah dibuat oleh para manager tingkat di atasnya. Perencanaan yang dibuatnya merupakan perencanaan jangka pendek.

Sedangkan secara horisontal didasarkan pada fungsi di dalam organisasi itu sendiri. Fungsi organisasi dari satu fungsi ke fungsi lainnya tidak sama. Namun demikian, berdasarkan beberapa aspek, sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan beberapa fungsi berikut ini :
  1. Administrasi, Devisi administrasi bertugas dan bertanggungjawab atas pembuatan, pengarsipan serta ekspedisi surat menyurat dari dan untuk organisasi/perusahaan.
  2. Akuntan, Devisi akunting bertugas mencatat seluruh kegiatan transaksi keuangan, baik pemasukan atau pengeluaran oleh organisasi atau perusahaan. Kemudian secara berkala, minimal satu tahun sekali dilakukan tutup buku dan membuat laporan neraca laba rugi.
  3. Keuangan, Devisi keuangan bertugas mengelola dan mengalokasikan dana organisasi/perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dana pada semua bagian yang menjadi anggota organisasi/perusahaan.
  4. Personalia, Devisi ini bertanggungjawab atas pengelolaan sumberdaya manusia termasuk pengadaan atau pemeliharaannya. Antara lain mengirimkan SDMnya untuk ditraining, promosi karier sampai penilaian prestasinya.
  5. Produksi, Devisi ini bertanggungjawab untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian produksi dengan cara mengolah materi/bahan baku menjadi produk/jasa yang memiliki nilai tambah bagi organisasi/ perusahaan.
  6. Litbang, Divisi ini bertanggungjawab atas riset pasar, pengembangan produk/jasa baru, menganalisa pesaing untuk mengantisipasi kebutuhan pasar.

Kegiatan dan Unsur-unsur Manajemen

Organisasi dibentuk untuk mendapatkan manfaat usaha kerja sama (sinergi) dan pembagian tugas. Secara tradisional diyakini bahwa manajemen akan timbul karena membutuhkan kewenangan apabila terjadi konflik dalam organisasi. Adalah tugas seorang manajer untuk mengelola serta mengoptimalkan keterbatasan sumber daya yang ada. Karena apabila seorang manajer tidak mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada, maka dalam jangka panjang kelangsungan organisasi yang dipimpinnya akan terancam.

Manajemen dan Perkembangannya

Perkembangan ilmu manajemen dari waktu ke waktu terus berjalan, bahkan hinga sekarang. Ada beberapa model manajemen yang dikenal :
  1. Manajemen Ilmiah
  2. Manajemen dengan pendekatan manusia
  3. Manajemen kuantitatif
  4. Manajemen dengan pendekatan sistem
  5. Manajemen dengan pendekatan kontingensi

Demikianlah artikel ilmumesin.com tentang Pengertian Manajemen Industri, Tingkat manajemen dan Perkembangannya, semoga bermanfaat untuk anda ya.

Sumber: upi.edu

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Manajemen Industri, Tingkat manajemen dan Perkembangannya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel