ITS Akan Luncurkan Mobil Sapuangin Generasi Kelima

Surabaya - ITS Team Sapu Angin (SA) akan meluncurkan mobil Sapuangin generasi terbaru yakni Sapuangin Speed 5. Mobil balap formula itu direncanakan akan diluncurkan Jumat (25/8/2017). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini direncanakan akan meluncurkan Sapuangin Speed 5.

Peluncuran karya ITS Team Sapuangin ini merupakan salah satu perwujudan Tridharma perguruan tinggi, yang juga selaras dengan misi ITS yaitu mengembangkan penelitian serta kegiatan inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan iptek yang unggul serta relevan bagi kebutuhan pembangunan nasional dan pertumbuhan kawasan Asia Pasifik. 



Selain itu, juga untuk memperkenalkan karya nyata mahasiswa ITS terutama dalam bidang otomotif dan energi. ITS Team Sapuangin sendiri fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula karya ITS Team Sapuangin ini sudah mencapai generasi ke-5. Pencapaian Sapuangin sendiri sudah terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan yang diikuti. 


Terbukti dari prestasi-prestasi yang diraih seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik di tahun 2013, serta peringkat Sapuangin yang meningkat drastis setiap tahunnya.

"Tahun ini merupakan tahun ke-5 bagi kami untuk ikut dalam ajang Student Formula Japan. Kami menargetkan untuk bisa masuk dalam sepuluh besar karena memang tahun ini mesin yang digunakan lebih besar. Kami optimistis bisa mencapai target yang telah kami tetapkan," ujar Manajer umum ITS Team Sapuangin 2016/2017, Annas Fauzy dalam siaran pers yang diterima detikOto melalui humas ITS, Rabu (24/8/2017). 

Selain dari ITS, tercatat terdapat beberapa universitas lain dari Indonesia yang juga akan berlaga di kompetisi tersebut yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Student Formula Japan (SFJ) merupakan event tahunan yang diadakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineering). Kompetisi ini sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa pecinta otomotif. Tidak hanya di Jepang (Asia), Student Formula juga diadakan di beberapa benua lain yaitu Australia, Eropa, dan Amerika. 

SFJ memiliki beberapa sub-event yang harus dilewati oleh masing-masing peserta, antara lain design report, cost report, dan business plan pada static event, serta skid pad, acceleration, autocross, endurance, and efficiency pada dynamic event. 

Masing-masing sub-event akan memiliki poin-poin tertentu yang nantinya akan diakumulasi menjadi poin akhir. Persaingan tim sangat ketat, ditambah dengan paduan teknologi-teknologi Asia dan Eropa yang digunakan pada mobil. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Student Formula Japan dapat mengakses: www.jsae.or.jp.

Spesifikasi Mobil Sapuangin Speed 5
Chassis and Body 
Steel Space frame AISI 1020
TIG Welding – ER70-S Filler
Carbon Fiber Material for Body Casing
Hoosier Tyres On The Wheels

Engine and Drive Train 
KAWASAKI ZX6R
Four Cylinders
Fuel Type : Gasoline, 95 Octane
Displacement : 599 CC
Compression : 12,8 : 1
Bore : 66 mm
Stroke : 43,8 mm
Max Power : 81,6 KW/12.500 rpm
Max Torque : 5.200 Nm/10.000 rpm

Dimension
Length : 2770 mm
Width : 1438 mm
Height : 1233 mm
Wheelbase : 1580 mm
Front Track : 1260 mm
Rear Track : 1190 mm

Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "ITS Akan Luncurkan Mobil Sapuangin Generasi Kelima"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel