Kebulatan (Roundness)



Kebulatan (roundness) adalah
kondisi pada suatu permukaan dengan penampang berbentuk lingkaran (silinder, konis dan bola), dimana semua titik-titik dari permukaan yang dipotong oleh bidang apapun tegak lurus terhadap sumbu (silinder dan konis) atau yang melalui pusat (bola) mempunyai jarak yang sama dari titik pusat. Toleransi kebulatan menunjukkan daerah toleransi yang dibatasi oleh dua lingkaran konsentris, dimana setiap elemen dari lingkaran harus berada pada bagian tersebut (Hill, 1969).


kebulatan kesilindrisan roundness

Kebulatan adalah suatu harga yang dapat dihitung berdasarkan profil kebulatan relatif terhadap lingkaran referensinya (Rochim, 2001). Menurut standar Inggris, Amerika dan Jepang terdapat empat macam lingkaran referensi yaitu:
  1.  Lingkaran luar minimum (minimum circumsribed circle) adalah metode yang digunakan untuk menghitung lingkaran standar dengan jari-jari minimum yang menutupi profil data.
  2. Lingkaran dalam maksimum (maximum inscribed circle) adalah metode yang digunakan untuk menghitung lingkaran standar dengan jari-jari maksimum yang ditutupi oleh profil data.
  3. Lingkaran daerah minimum (minimum zone circle) adalah metode yang digunakan untuk menghitung dua lingkaran konsentrik yang menutupi profil data seperti pemisah arah minimum.
  4. Lingkaran kuadrat terkecil (least squares circle) adalah metode yang paling umum digunakan. Luas daerah yang tertutup oleh profil sama dengan luas daerah yang berada pada luar.
lingkaran referensi kebulatan

Dari keempat lingkaran referensi diatas parameter kebulatan yang dipakai adalah lingkaran daerah minimum atau minimum zone circle. Dua buah lingkaran konsentris yang melingkupi profil kebulatan sedemikian rupa sehingga jarak radial antara kedua lingkaran tersebut adalah yang terkecil. Titik tengah dari lingkaran minimum tersebut disebut sebagai minimum zone center (MZC). Nilai ketidakbulatan adalah selisih dari radius kedua lingkaran tersebut (ΔR) dan dinamakan sebagai minimum radial zone (MRZ). Gambar 2.8 menunjukkan metode pengukuran kebulatan MZC (Rochim, 2001). 

Alat untuk mengukur kebuatan bisa menggunakan Roundtes, namun alat ini cukup sulit ditemukan, yang lebih mudah untuk pengukuran kebulatan sederhana bisa memakai dial indikator.
alat ukur kebulatan

Demikian sedikit informasi tentang kebulatan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kebulatan (Roundness)"

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan membaca blog saya, jika berkenan silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel